Sabtu, 07 Maret 2009

tugas exegonal

6

PENGGUNAAN TEORI HEXAGONAL & ALGORITMA SEMUT PADA SISTEM PAKAR

PENGGUNAAN TEORI HEXAGONAL PADA SISTEM PAKAR

Kita tahu bahwa teori hexagonal berawal dari keagungan Allah SWT yang menciptakan lebah untuk mendesain sarangnya berbentuk hexagonal. Arti hexagonal adalah bangun yang terbentuk atas 6 sisi dan masing sisinya mempunyai sudut 600.
Para ahli matematika yang mencari jawaban pertanyaan itu mencapai kesimpulan menarik: "Heksagon adalah bentuk geometri paling tepat untuk penggunaan maksimum suatu ruang." . Tak hanya itu air pun memiliki struktur yang hexagonal. Penelitian air di Jepang, yang menyimpulkan bahwa struktur molekul air yang di katakan dengan kata yang baik jauh lebih rapi dibanding dengan air yang dibiarkan saja. Bahkan air yang dikatakan buruk struktur molekul air itu lebih buruk dibanding dengan air yang dibiarkan saja. Kualitas air yang memiliki struktur hexagon dimana kandungan air hexagon banyak mengandung mineral yang baik bagi tubuh manusia. Tak heran dewasa ini terdapat perangkat lunak yang bisa menentukan kualitas air yang baik untuk dikonsumsi.
Maha Besar Allah atas kuasanya, para ilmuan dalam bidang kedokteran mencoba membuat perangkat lunak untuk mengetahui susunan molekul DNA seseorang. Sekarang dengan test DNA seseorang bisa mengetahui siapa orangtua dari seorang anak. Keunikan susunan molekul DNA adalah berbentuk hexagon. Taukah anda bahwa susunan hexagon mempunyai daya ikat yang cukup kuat.



PENGGUNAAN ALGORITMA SEMUT PADA SISTEM PAKAR

Pada bidang bisnis dan industri, manajemen proyek merupakan suatu kegiatan untuk mengatur waktu,
material, personil dan biaya untuk menyelesaikan suatu proyek tertentu. Satu tahap yang penting pada proses perencanaan proyek adalah penjadwalan sumber daya proyek.
Merencanakan penggunaan sumber daya agar menjadi efisien adalah tugas yang kompleks. Tujuan dari proses ini adalah mendistribusikan penggunaan sumber daya agar merata atau dengan kata lain meminimalkan fluktuasinya. Metode untuk menghasilkan solusi dari permasalah itu disebut dengan Resource Leveling.
Sampai saat ini, para peneliti telah menggunakan beberapa pendekatan untuk menghasilkan solusi
yang optimal dari permasalahan tersebut. Pada Penelitian ini, dibahas penerapan algoritma Ant Colony Optimization (ACO), khususnya Rank Based Ant System (ASrank), pada optimasi penjadwalan sumber daya proyek. Keefektifan algoritma ini didemonstrasikan dengan beberapa studi kasus. Dari test yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat memberikan solusi yang bagus dengan fluktuasi yang minimal.

PERANGKAT LUNAK DALAM DUNIA OTOMOTIF

Hampir di setiap aspek kehidupan komputerisasi tidak bisa dielakkan. Dengan adanya sistem komputerisasi membantu kita dalam melakukan aktivitas. Dunia otomotif salah satunya, kali ini saya mau kasih informasi sama kamu semua yang suka otomotif. Tentunya anda mengetahui pesawat terbang, bahkan anda pernah naik kapal terbang untuk mengunjungi sanak serta kerabat anda yang jauh. Saat itu anda tidak sadar bahwa pesawat yang ada tumpangi menggunakkan perangkat lunak. Diantaranya :

  1. perangkat lunak pengirim sinyal ke menara yang terdapat di bandara kemudian menerima jawaban dari menara bandara tentang keadaan dibandara. Pihak bandara bisa memutuskan pesawat itu untuk melakukan pendaratan. Tapi biasanya pada cuaca buruk yang tidak memungkinkan pesawat landing pihak bandara melarang pesawat untuk landing.

  2. Perangkat lunak untuk mengatahui berapa ketinggian pesawat dari atas permukaan laut.

  3. kotak black box dimana kotak itu merekam aktivitas penumpang yang ada di pesawat dalam bentuk suara. Kegunaan kotak black box bermanfaat ketika pesawat dalam keadaan bermasalah. Anda ingat kejadian pesawat yang mengalami kecelakaan, untuk mengetahui kejadian apa saja yang terjadi saat peasawat mengalami masalah. Kotak black box diperiksa.

  4. Dll..


Nah, sekarang anda sudah tahu bahwa pesawat juga menggunakkan perangkat lunak.

Dan anda pasti mengenal jet darat F1. F1 juga menggunakkan perangkat lunak. Anda pernah melihat ketika Fabio Alonso tiba-tiba pada saat lap ke sekian masuk ke pit stop itu bukan kemauan dari dirinya. Melainkan tim Renault mengirim sinyal pada nya untuk segera masuk pit stop. Karena pada mesin F1 nya dipasang perangkap lunak yang bisa mengetahui keadaan mesin F1 saat dijalankan. Dan keadaan mesin terekam di ruangan teknisi tim Renault.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar